Selasa, 20 April 2010

Install Windows XP Bermasalah?

Selasa, 20 April 2010
Minggu malam yang lalu ketika saya hendak menyalakan laptop saya, saya kaget melihat suatu ke anehan ketika proses booting windowsnya. Setelah beberapalama ternyata windows saya corrupt. Tanpa panjang lebar maka saya langsung mencoba untuk meng-install ulang laptop saya karena saya sangat membutuhkannya untuk mengerjakan sesuatu tugas pada malam itu.

Satu lagi keanehan yang saya temukan pada saat proses instalasi windows. Pada saat windows setup bukannya muncul tampilan seperti biasa pada saat install tetapi malah pesan error yang keluar. Saya coba restart untuk mengulang proses instalasi lagi dan berharap proses instalasi berjalan dengan lancar. Tetapi ternyata hal yang sama terulang kembali. Bukan mainkalang kabutnya saya pada waktu itu. Saya berfikir, “kenapa ni laptop?, masa rusak?, masa ga bisa install windows?” itulah pertanyaan yang menghinggapi benak saya,, hahaha,,


Oh ya tampilan error pada saat windows setupnya seperti ini.

Bila saudara-saudara mengalami hal yang sama pada proses installasi seperti yang saya alami, berikut ini adalah langkah yang harus saudara lakukan:

1.Coba anda masuk ke settingan BIOS, pda saat start up laptop tekan F2

2.Masuk ke tab ADVANCE

3.Ubah SATA mode option menjadi IDE bukan AHCI

4.Setelah itu masuk ke tab BOOT dan ubah boot menjadi cd/dvd rom bukan hardisk

5.Tekan tombol F10 untuk keluar BIOS dengan menyimpan pengaturan bios yang telah kita ubah tadi.

6.Pilih yes

7.Booting lewat CD windows dan tunggu hingga proses install seperti biasa selesai

Berhasil....
Ternyata setelah SATA mode optionnya diganti menjadi IDE/Compability pesan erorr yang tadi muncul tidak saya temukan lagi dan proses install berhasil dengan baik.

Pertanyaan yang mungkin kita pertanyakan , “Kenapa mode AHCI tidak bisa saat proses install windows xp?”
AHCI itu boleh dibilang semacem SATA kalo di desktop kalo xp ga bisa kebaca ya wajar kecuali XP-nya udah di compile sendiri ditambah driver SATA.
Maka kita gunakan mode IDE yang competible dengan windows XP tanpa harus di compile dengan tambahan drive-drive tertentu.



0 komentar:

Posting Komentar