Kamis, 15 Juli 2010

Efek Ngetik di HP ?

Kamis, 15 Juli 2010
HP? Siapa sih sekarang yang ga kenal dengan HP. Teman sehari – hari yang selalau ada di genggaman tangan kita. Sarana telekomunikasi yang paling simple, mulai dari telepon hingga berkirim pesan. Memang HP kita rasakan saat ini menjadi media yang sangat mudah untuk digunakan, apalagi banyak HP yang sudah dapat digunakan bukan hanya untuk telephone melainkan untuk chating juga bisa. Chating dan berkirim pesan?, berarti harus mengetik donk?. Jika kita terlalu sering mengetik di HP untuk sekedar berkirim pesan atau e-mail yang terlalau lama, bukan hanya jari-jari saja yang menjadi pegal, tetapi dapat merembet juga ke bahu dan tengkuk lho..
Merembet ke bahu dan tengkuk? , Masa siih??
Menurut Michael Triangto ,seorang dokter spesialis olahraga dari RS Kemayoran , "Dalam beberapa bulan terakhir ini saya sering mendapatkan pasien dengan keluhan nyeri pada lengan bawah yang berlanjut ke lengan atas, bahkan ada yang sampai nyeri di bahu dan tengkuk. Setelah dievaluasi temyata mereka sering menggunakan HP sebagai sarana untuk menjawab semua email Informasi yang diperoleh dari HP mereka."
Asam laktat adalah hasil dari metabolisme otot akibat melakukan gerak ataupun kontraksi yang berlebihan, seperti gerakan bersifat anaeroblk yang akan menggunakan energi dari asam laktat. Bilamana laktat tersebut berlebih dan tidak dapat diubah kembali kebentuk asalnya, akan meninggalkan rasa pegal ataupun kaku di keesokan harinya., Oleh sebab itu setelah mengetik dalam waktu yang lama sebaiknya berhenti sejenak untuk melakukan pijatan ataupun peregangan pada daerah Jari-Jari. lengan bawah dan Juga lengan atas dan bahu sebelum mengetik kembali.
Jika kita telah berada di rumah alangkah baiknya untuk berendam di air hangat sambil memijat-mijat kembali daerah yang nyeri agar otot-otot yang nyeri menjadi rileks kembali.


Sumber : Warta Kota

0 komentar:

Posting Komentar