Jumat, 01 Juni 2012

di Balik kata “Teknologi”

Jumat, 01 Juni 2012
Teknologi. Kalau kita berbicara teknologi pasti takkan ada habisnya selama peradaban manusia masih terus berjalan. Ada yang tau secara pasti teknologi itu mulai berkembang??. Mungkin teknologi berkembang sejak adanya nenek moyang kita dahulu kala. Walupun perkembangan teknologi tidak sepesat saat ini. Perkembangannya saat itu amatlah sederhana sebanding dengan kehidupannya yang masih amat primitive.

Jika kita berbicara teknologi kita akan tidak mampu menguraikannya , karena terlalu banyaknya serta beragamnya teknologi yang ada dan terus berkembang di dunia ini. Berhubung teknologi amat dekat kaitannya dengan komputer dan internet, maka mari kita menilik sedikit mengenai perkembangannya walaupun mungkin takkan dapat tuntas jika kita bahas disini.

Dahulu kala ketika internet belum dikembangkan komputer hanyalah digunakan untuk alat menghituk dan membantu pekerjaan manusia yang berkaitan dengan hitung menghitung serta data-data. Tak ubahnya seperti kalkulator fungsi komputer pada saat itu. Coba bandingkan dengan komputer pada saat ini. Hampir 90% dapat dikerjakan oleh komputer bukan hanya sekedar untuk hitung menghitung. Teknologi yang berkembangpun semakin canggih mulai dari bagian CPU hingga bagian monitor berkembang dengan cepat.

Selanjutnya setelah dikembangkannya teknologi internet komputer semakin lebih canggih dan tidak hanya berdiri sendiri tapu juga dapat bekerja sama diwaktu yang bersamaan walaupun tempat jauh tidak membatai hubungan kerja. Transfer data tidak lagi menggunakan media penyimpanan portable tetapi dapat langsung dikirim melalui jaringan internet. Betapa canggihnya teknologi yang sudah berkembang pada saat ini jauh dengan masa-masa terdahulu.

Tapi dengan berkembangnya teknologi tersebut bukan hanya membawa dampak yang positif tetapu banyak juga hal-hal negatif yang timbul dari berkembangnya teknologi. Teknologi itu ibaratkan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi yang berlawanan. Disamping semakin berguna dan mempermudah pekerjaan teknologi juga menjadi factor yang paling berpengaruh dengan hal-hal yang negatif.

Tantanganpun kini muncul bagaimana kita menyikapi berkembangan teknologi yang tak mungkin dapat kita tolak. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita dapat memanagemen semua hal-hal tersebut sehingga perkembangan teknologi dapat memberikan lebih banyak dampak positif bagi kita serta semua pengguananya. Sehingga ide yang muncul dalam pengembangan teknologi semakin bermanfaat untuk kelanjutan teknologi dan kehidupan manusia saat ini dan kedepan.

sumber : gambar


0 komentar:

Posting Komentar