Jumat, 12 November 2010

Art Direction

Jumat, 12 November 2010
Pada desain permodelan grafik kita mengenal beberapa elemen yang terkandung didalamnya. Kita dapat ibaratkan seperti membuat roti. Dalam proses membuat roti kita memerlukan bahan-bahan untuk membuat roti itu sendiri dari tepung, telur, gula, mentega dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut kita campurkan menjadi sebuah adonan mentah yang kemudian kita panggang untuk menghasikan sebuah makanan yang bernama roti. Kita sebagai orang yang membuat mempunyai peranan sangat penting dalam pembuatannya serta menentukan langkah-langkah agar roti tersebut jadi sesuai dengan yang kita inginkan.

Dari ilustrasi tersebut sama dengan desain permodelan grafik. Bahan-bahan kita ibaratkan elemen-elemen yang menyusun suatu desain sedangkan orang yang mengatur jalannya proses permodelan kita sebut art director. Sama halnya dengan ilustrasi pembuatan roti, dengan elemen-elemen yang cukup maka hasil yang kita inginkan akan tercapai dengan sempurna.

Kali ini saya tidak menjelaskan secara rinci semua elemen-elemen yang berperan tetapi hanya sabagian kecil saja yang akan saya bagikan kepada kalian semua untuk mengetahui sedikit tentang desain permodelan grafik.
Sekarang kita mulai dari yang paling menentukan sukses atau tidaknya suatu proyek desain yaitu bagin art direction. Begini pengertian art direction.


Art Direction
Art Direction adalah sebuah proses yang memadukan penciptaan unsur visual desain. Sebuah art direction memanfaatkan dan mengintegrasikan berbagai elemen dalam desain untuk menghasilkan sebuah tampilan tertentu dan karya seni yang dihasilkan membutuhkan ekspresi dalam penyampaian yang tepat.

Art Director
Art Director adalah orang yang berperan dalam proses pengerjaan Art Direction. Art director merupakan seseorang yang mengerjakan suatu proses proyek dan memutuskan estetika desain. Art director tidak melakukan pekerjaan mengambil foto-foto, menghasilkan ilustrasi ataupunmembangun set atau gaya model dalam pemotretan, tetapi ia yang beertugas mengatur arah dan tujuan suatu proyek visual yang akan dikerjakan.
Arah yang telah ditentukan oleh seorang art director akan menjadi acuan dari para tim kreatif yang akan mengerjakan proyek tersebut. Sedangkan seorang desainer menempati peranan yang sentral dalam proses desain, yang kemudian menyatukan elemen-elemen yang dihasilkan dari spesialis yang berbeda sehingga menghasilkan proyek akhir yang diinginkan seorang art director.

Art direction difokuskan pada pencapaian spesifik visual akhir, yang mungkin diilhami dari beragam aspek seperti tren dan mode yang berkembang saat ini, perspektif sejarah atau futuristic, tema tertentu, teknologi atau pastoral adegan serta sikap dan emosi tergantung dengan hasil yang dibutuhkan. Adalah tugas dari seorang art director untuk memastikan bahwa hal ini terjadi dan sukses. Kesuksesan art direction dalam koheren dan desain terpadu yang audience targetkan akan menentukan kredibilitas suatu tim kerja. Desain yang dihasilkan dari proses ini bisa sangat kuat, dan itu adalah tanggung jawab art direction untuk memproduksi gambar yang menambah nilai begitu banyak untuk pengembangan merek.


sumber : the fundamental of graphic design

0 komentar:

Posting Komentar