Jumat, 12 November 2010

Rethorica

Jumat, 12 November 2010
Selanjutnya yang tudak kalah pentingnya dalam menciptakan suatu proyek grafik design adalah Retorika. Secara singkat retorika adalah seni dalam menggunakan bahasa untuk menarik minat dari penonton atau penikmatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari penjelasan dari retorika.

Retorika adalah seni menggunakan bahasa secara efektif dalam rangka untuk membujuk atau menarik penonton. Ini merasal dari bahasa Yunani yang berarti “seni dari orator”. Kemampuan untuk berbicara atau berkomunikasi dengan baik dan menggunakan bahasa yang tepat, jelas dan dengan cara yang mudah dimengerti oleh penonton terkadang menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menerangkan argumentasi dari fakta yang sedang dibahas.

Dengan mengingat sifat persuasive retorika, designer atau perancang dapat struktur desain dan mengontrol penyajian informasi sehingga lebih berbobot, dampak dan unsure lebih dapat dipercaya. Agar supaya informasi yang disajikan bisa lebih menyakinkan dengan mencantumkan fakta-fakta untuk memperkuatnya.

Retorika lebih banyak digunakan pada ajang kancah politik untuk menarik pendukung dengan teknik retorika berupa rayuan-rayuan yang amat mengajak. Tidak hanya terpaku pada dunia politik, teknik retorika juga sangat berperan dalam keberhasilan suatu produk yang diciptakan menarik minat penonton atau penikmatnya dengan pengolahan kata yang baik dari penciptanya.



sumber : the fundamental of graphic design

0 komentar:

Posting Komentar