Kamis, 25 Februari 2010

Google Tiruan di Cina

Kamis, 25 Februari 2010
Sudah pada kenal kan dengan negara Cina?. Negara dengan salah satu keajaiban dunia berupa tembok terpanjang yang sangat popular di dunia. Selain itu Cina juga cukup dikenal di dunia karena mahir dalam soal meniru produk-produk global, yang kemudian dijual sebagai produk aspal(asli tapi palsu) atau produk abal-abal bahasa gaulnya..hehe… Sering sekali kita melihat suatu produk buatan Cina yang sangat mirip dengan produk aslinya atau produk yang ia jiplak.
Tapi taukah anda? kali ini Cina menggegerkan dunia maya. Cina kini telah menirukan search engine terbesar yaitu “GOOGLE” dengan produk cina yang bernama “GOOJJE”. Tidak hanya kemiripan dalam penamaan, layanan serta tampilan kontenya pun sangat mirip dengan milik aslinya Google. Dari kedua nama “GOOGLE” dan “GOOJJE” sangat menarik artinya dalam bahasa Mandarin. Google ber-akhiran “gege” dalam bahasa Mandarin mempunyai makna sebagai kakak laki-laki. Goojje dalam bahasa Mandarin mempunyai makna kakak perempuan.


Tampilan Google.

Tampilan Goojje.


Gimana pembaca , mirip bukan?.

Artikel ini dibuat penulis bukan untuk merendahkan negara Cina. Tetapi penulis sangat kagum dengan Cina karena mampu menirukan produk-produk global hingga search engine juga mampu ditirukan. Penjualan prodak tiruannyapun tidak kalah bersaing dengan produk yang ditirukannya. Hebat bukan, seandainya bukan hanya menirukan saja melainkan dapat menciptakan produk sendiri.


1 komentar:

Zein Okeh mengatakan...

mantap bos info nya..

Posting Komentar