Selasa, 23 Februari 2010

Yahoo!

Selasa, 23 Februari 2010
Siapa sih yang tidak mengenal Yahoo!. Hampir sebagian dari kita mengenal Yahoo! dengan layanan e-mail yang kita gunakan dari Yahoo!. Yahoo! itu sendiri ditemukan pada tahun 1994 oleh dua orang mahasiswa bernama David Fillo dan Jerry Yang. Pada awalnya Yahoo! hanyalah seperti bookmark (buku petunjuk). Pada bulan April 1994 Yahoo! merupakam site pertama yang berusaha mengkatalogkan web. Kemudian mencoba menjadi web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian berita, IM, e-mail dan jasa lainnya.

Pada awal berdirinya Yahoo! bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo!. Kita sering mendengar atau menyebutkan kata Yahoo!. Tapi pernahkah terlintas dalam benak kita mengapa Yahoo! menambahkan tanda seru pada akhir tulisan “Yahoo”.” Apakah cuma hanya sekedar hiasan belaka? “, “Atau untuk menggenapkan hurup menjadi 6?”.

Ternyata tanda seru pada akhir tulisan Yahoo! bukanlah hanya hiasan belaka. Sebelum Jerry Yang dan Dafid Fillo melahirkan Yahoo!, ternyata “yahoo” telah dipatenkan terlebih dahulu oleh sebuah merk saus barbekyu dan perahu karet. Oleh karena itu Jerry Yang dan Dafid Fillo menambahkan tanda seru “!” pada tulisan Yahoo!. Tetapi banyak orang juga yang mengabaikan tanda seru pada tulisan Yahoo! karena tidak merupah ucapan dari tulisan Yahoo!.

Taukah Anda? Yahoo! dan Google sempat mengikat suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni 2000. Kemudian mereka memutus kerjasamanya itu dan kini mulai bersaing kembali. Setelah pemutusan kerjasamanya, Google kemudian merilis layanan email gratisannya sendiri, Gmail, yang berkapasitas 1 GB pada 1 April 2004. Melihat hal ini, Yahoo segera merespon dengan meningkatkan kapasitas mailbox email gratisan dari 4 MB menjadi 100 MB dan mailbox email berbayar Yahoo Mail Plus dari 1 GB menjadi 2 GB.

Tak cukup sampai situ, pada 2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya menjadi tak berbatas. Saat Google merilis Google Talk (produk yang hampir mirip dengan Yahoo! Mesengger) pada 2005, Yahoo! bekerjasama dengan Microsoft mengumumkan bahwa Yahoo! Mesengger bisa dipakai multi fungsi bersama MSN Mesengger (produk serupa dari Microsoft).

Oya, ada yang menarik lho dari Yahoo!. Mungkin nggak semua orang menyadarinya. Mau tau dimana letak keanehan atau sesuatu yang menarik dari Yahoo!?. Pertama coba anda kunjungi situs Yahoo!.com di sini. Kemudian Besarkan volume speaker anda. Coba anda klik tanda seru pada tulisan Yahoo! pada halaman utama Yahoo!.com. Silahkan anda temukan sendiri keanehannya……




Disadur dari berbagai sumber.






0 komentar:

Posting Komentar