Minggu, 21 Februari 2010

World Wide Web

Minggu, 21 Februari 2010
World Wide Web (WWW) yang lebih di kenal sebagai website atau homepage. Atau yang lebih populer disebut situs atau web, merupakan suatu bentuk layanan yang didapat oleh pengguna komputer yang terhubung ke Internet. Ada banyak yang dapat kita lakukan dari yang sekedar untuk kirim email, chatting, download, browsing, surfing dan sebagainya.

Pada mulanya Web adalah ruang informasi dalam internet, yang menggunakan teknologi hyperteks,user dibimbing untuk menemukan informasi yang diinginkannya dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan pada browser web. Kini internet identik dengan web. Ada banyak yanh dapat dilakukan di internet, hingga kini banyak pula yang menggunakan internet untuk transaksi Bisnis.
Dengan semakin berkembangnya manfaat internet seperti saat ini ,bukannya tidak mungkin suatu hari nanti setiap orang mencantumkan alamat website dalam kartu namanya.


Sekilas Lahirnya Web

Sistem layanan dalam internet yang menggunakan konsep teknologi markup berbasis hyperteks.Ini sebenarnya konsep lama, tetapi baru mulai terkenal pada tahun 1985-an. Ide penggunaan hyperteks pertama kali disampaikan dalam sebuah essay karangan Vannevar Bush tahun 1975 dan dilanjutkan oleh Theodore (Ted) Nelson pada tahun 1960-an dan 1970-an. Hyperteks menurut Ted Nelson adalah suatu teks atau rangkaian kata yang memiliki "hubungan" (link) dengan teks lainnya. Praktek pertama pemakaian hyperteks di jaringan dilakukan oleh Tim Berners Lee di European Particle Physics Lab (CERN atau Consei Europeen pour la Recherche Nucleaire) yang berlokasi di Geneva, Switzerland dengan perangkat pengembang Next Step tahun 1993. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru.

Sejak Oktober 1994 dibentuklah W3C (World Wide Web Consortium) dengan anggotanya berjumlah lebih dari 400 organisasi dari seluruh dunia. W3C adalah lembaga resmi yang bertugas untuk mengembangkan dan membuat standard web. Sedangkan CERN kembali pada tugas awalnya yakni melakukan penelitian di bidang fisika partikel.



Sekilas Tentang World Wide Web

Web adalah sumber informasi dan data yang dapat diakses oleh semua pengguna komputer yang terhubung internet dari internet. Ada tiga komponen utama dalam sebuah web, yaitu :

a. URL (Uniform Resource Locator) adalah standard pengalamatan sebuah file atau informasi yang ada di internet yang dirancang khusus untuk digunakan dengan browser WWW. Seperti, Mozilla Fire Fox, Opera ,Internet Exploler, dan browser lain sebagainya.

b. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah salah satu protokol yang digunakan sebagai bahasa komunikasi antar server. Protokol memiliki banyak jenis, berupa protocol web, Telnet, News, Gopher atau FTP.

c. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa interpreter dan bukan bahasa pemrograman seperti Pascal, C, Delphi atau Java yang harus dikompilasi dulu sebelum dapat dieksekusi atau di jalankan . Browser yang digunakan untuk melihat dan menampilkan halaman-halaman web antara lain : Netscape, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan lain sebagainya, sesungguhnya adalah interpreter yang menerjemahkan tag-tag yang diselipkan di dalam file ASCII berekstensi .html (atau .htm) dan menampilkan tag yang ditemukan dilayar user atau pengguna internet itu sendiri. Dengan HTML inilah kita dapat mendesain sebuah halaman web yang bergambar, berwarna dan sebagainya sesuai dengan keinginan kita.



Disadur dari :

* http://id.wikipedia.org/wiki/WorldWideW
* http://www.teknologinet.com/2009/08/sejarah-world-wide-web.html
* http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/4-apaitu_www.html
* http://www.kikil.org/forum/Thread-sejarah-internet-dan-www-world-wide-web


0 komentar:

Posting Komentar