Sabtu, 13 Februari 2010

Search Engine

Sabtu, 13 Februari 2010
Search engine adalah suatu portal website yang menyediakan data yang dibutuhkan pengguna internet dengan memberikan layanan pencarian data. Pengguna internet harus mengetikkan keyword yang ingin dia cari pada search engine tersebut. Pada awal diperkenalkannya internet search engine belumlah dikenal. Internet hanyalah terdiri dari kumpulan situs FTP (File Transfer Protocol). Seorang pengguna internet harus mencari sendiri data yang ia butuhkan dari dunia maya secara manual. Bisa kita bayangkan bagaimana pusingnya pada saat itu….huh. Pengguna internet harus mengakses situs di internet kemudian menelusuri setiap folder situs tersebut hingga menemukan file yang diinginkan. Nah lho… kebayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menemukan sebuah file. Belum lagi kalo di situs yang diakses file yang dicari nggak ditemukan, pengguna internet harus mengakses situs lain lagi untuk menemukan file yang dia cari. Kesulitan untuk mencari sebuah file yang dibutuhkan inilah yang memicu seorang mahasiswa dari Universitas McGill di Monteal untuk mencari cara yang mudah. Akhirya, pada tahun 1990, Alan Emtage mahasiswa dari Universitas McGill di Monteal berhasil membuat search tool pertama yang dapat digunakan di internet. Tool ini bekerja dengan mengumpulkan kemudian menindekskan semua nama dari internet.
Karna toolnya inilah, pengguna internet menjadi lebih mudah untuk mencari data di internet.Cukup dengan mengetikkan nama file yang ingin dicari pengguna internet atau user tahu ada atau tidak file dia cari.
Sekarang kebayangkan, betapa sangat membantunya search tool tersebut. Tool itu diberi nama Archie. Pada tahun 1991 Mark McCahill dari University of Minesota berpendapat, jika kita mencari sebuah file di internet berarti kita juga mencari text tersebut di internet. Berdasarkan pemikirannya inilah dia menciptakan program yang diberi nama Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation and Display). Dua program yang dibuat untuk tujuan mencari dan menemukan file yang direfrensikan oleh index Gopher. Dua program inilah yang menjadi cikal bakal search engine yang kita kenal sekarang. Pada tahun 1993, Search engine pertama berhasil dibuat. Dikembangkan oleh Matthew Gray dan diberi nama Wandex. Dari tahun 1993 hingga 1998, beberapa search engine utama yang kita kenal saat ini mulai bermunculan, yaitu itu:
• Excite – 1993
• Yahoo! – 1994
• Web Crawler – 1994
• Lycos – 1994
• Infoseek – 1995
• AltaVista – 1995
• Inktomi – 1996
• Ask Jeeves – 1997
• Google – 1997
• MSN Search – 1998
Nah itulah sekelumit tentang search engine yang kita kenal. Kini search engine sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari para pengguna internet. Bagaimana tidak, sebab search engine memberikan banyak kemudahan bagi pada pengguna internet. Nah.. search engine mana yang paling anda sering gunakan?

0 komentar:

Posting Komentar